MANFAAT DAUN TIN

Diposting oleh Unknown on Selasa, 02 Juli 2013

Manfaat Daun Tin



Kualitatif Fitokimia Analisis Ekstrak Daun Ficus carica :
Constituens
Pet. Ether
Ethyl acetate
Ethanol
Aqueous
Alkaloids
-
-
-
-
Carbohydrates
-
-
-
+
Cumarines
-
+
+
-
Flavonoids
-
+
+
-
Fixed oils
+
-
-
-
Glycosides
-
-
-
+
Gums and resins
-
-
-
-
Mucillages
-
-
-
-
Proteins and amino acids
-
-
-
+
Saponins
-
-
-
-
Steroids and sterols
+
+
-
-
Tannins
-
-
-
-
Triterpenoids
+
+
-
-
+
:
Present
-
:
Absent
Source :
”PHARMACOGNOSTIC AND PHYTOCHEMICAL INVESTIGATION OF Ficus carica L.”, Kalaskar M. G.1,  Shah D. R.1, Raja N. M.1Surana S. J.1 and Gond N. Y.2
 1R. C. Patel institute of Pharmaceutical Education and Research, Shirpur, Dhule, India
2Nanded College of Pharmacy, Nanded, India.



Kandungan Daun  Tin:
  • Carbohydrates, berfungsi membantu proses pengeluaran feses dengan cara mengatur peristaltik usus, hal ini dapat didapat dari selulosa dalam serat makanan yang berfungsi mengatur peristaltik usus. Serat pada makanan dapat membantu mencegah kegemukan, kanker usus besar, diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kolesterol tinggi. Laktosa yang terdapat pada susu dapat membantu penyerapan kalsium.  Keberadaannya yang tinggal lebih lama dalam saluran cerna memberikan keuntungan karena menyebabkan pertumbuhan bakteri baik.
  • Cumarines, suatu senyawa yang membantu dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas
  • Flavonoids, merupakan senyawa pereduksi yang baik, menghambat banyak reaksi oksidasi, baik secara enzim maupun non enzim. Flavonoid bertindak sebagai penampung yang baik radikal hidroksi dan superoksida dengan demikian melindungi lipid membran terhadap reaksi yang merusak. Aktivitas antioksidannya dapat menjelaskan mengapa flavonoid tertentu merupakan komponen aktif tumbuhan yang digunakan secara tradisional untuk mengobati gangguan fungsi hati.
  • Fixed oils
  • Glycosides, adalah senyawa yang menghasilkan satu atau lebih gula (glikon) di antara produk hidrolisisnya dan sisanya berupa senyawa bukan gula (aglikon). Bila gula yang terbentuk adalah glukosa maka golongan senyawa itu disebut glukosida, sedangkan bila terbentuk gula lainnya disebutglikosida. Di alam terdapat O-glikosida (dioscin), C-glikosida (barbaloin), N-glikosida (adenosine), dan S-glikosida (sinigrin).
  • Proteins and amino acids
  • Steroids and sterols,Steroid adalah senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis yang dapat dihasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena, Lemak sterol adalah bentuk khusus dari steroid dengan rumus bangun diturunkan dari kolestanadilengkapi gugus hidroksil pada atom C-3, banyak ditemukan pada tanaman, hewan dan fungsi.
  • Triterpenoids, adalah senyawa yang kerangka karbonnya berasal dari enam satuan isoprena dan secara biosintesis diturunkan dari hidrokarbon C-30 asiklik, yaitu skualena, senyawa ini tidak berwarna, berbentuk kristal, bertitik leleh tinggi dan bersifat optis aktif (Harborne,1987).

MANFAAT DAUN :

  1. Rebusan Daun Tin/Ara bermanfaat sebagai antioksidan, anti tumor dan anti kanker karena mengandung Coumarin dan Flavonoids.
  2. Rebusan Daun Tin/Ara dapat membantu penderita diabetes mengurangi jumlah asupan insulin sehingga sedikit demi sedikit dapat mengurangi tingginya kandungan  gula dalam darah. Hal ini sesuai dengan anjuran yang dikeluarkan oleh The American Diabetes Association. sehingga dapat mengurangi kebutuhan insulin melalui suntikan.
  3. Rebusan Daun Tin/Ara bermanfaat sebagai peluruh batu ginjal. Hal ini dikarenakan daun tin memilik manfaat sebagai diuretik (peluruh urine).
  4.  Rebusan Daun Tin/Ara dapat mengurangi sesak nafas / asma, bronkitis, dan dapat sebagai pengencer dahak.
  5. Rebusan Daun Tin/Ara dapat mencegah dan mengatasi wasir.
  6.  Daun Tin/Ara Dapat mengatasi Sirosis Hati.
  7.  Rebusan Daun Tin/Ara dapat mengatasi dan  mestabilkan tekanan darah.
  8. Menurut penelitian ; daun Tin/Ara lebih rendah Trigliserid, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan obesitas.
  9. Daun Tin/Ara dapat mencegah dan mengobati maag dengan cara mengunyah daun yang sudah dihilangkan getahnya kemudian ditelan. 

Image source : Kimberly

Cara Membuat Minuman Dari Daun Tin :
  • Daun Tin/Ara dipetik TANPA tangkainya, karena pada tangkainya mengandung banyak getah.
  • Cuci daun dengan air mengalir sampai hilang getahnya.
  • Anginkan / Tiriskan, setelah itu daun bisa direbus untuk dikonsumsi.
  • Daun juga bisa dikeringkan terlebih dahulu setelah di tiriskan, hal ini misalnya untuk keperluan dibawa berpergian, untuk disimpan dalam keadaan kering, sehingga praktis. Dan dalam proses penjemuran dengan sinar matahari sebaiknya jangan sampai terkena air hujan.

Cara konsumsi :
  • Jika daun tin segar : Rebus satu lembar daun untuk dua gelas ukuran +- 250 ml (sesuai selera). jika daun kering : Remas daun terlebih dahulu kemudian ambil satu sendok teh (1,3 gr) untuk dua gelas ukuran +- 250 ml (sesuai selera), lalu seduh dengan air panas, lalu tutuplah agar kandungan nutrisi pada daun tidak ikut terbawa uap air.
  • Bisa di konsumsi tanpa gula atau dengan gula.
  • Bisa ditambahkan bahan lain sesuai selera, misalnya : madu, gula merah, atau jeruk nipis, dll.
  • Aduk seduhan daun tin dengan menggunakan sendok plastik atau kayu.
  • Minum seduhan daun tin selagi hangat, dan jangan biarkan seduhan sampai lebih dari 12 Jam, karena kadar zat di dalamnya sudah berubah dan tidak layak di konsumsi. Untuk seduhan daun bisa disimpan juga di lemari pendingin dengan catatan belum ditambahkan gula.
  • Sedangkan bila untuk tujuan PENGOBATAN : Maka Takaran daun bisa diperbanyak sesuai keinginan.




Referensi :

Paroslife.parosweb
Kalaskar M. G.1,  Shah D. R.1, Raja N. M.1Surana S. J.1 and Gond N. Y.2 - R.C Patel Institute Of Pharmaceutical Education and Research, Nanded College Of Pharmacy : "Pharmacognostic And Phytochemical Investigation Of Ficus carica"
Wikipedia : Amino Acids

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar