BUAH UNTUK DIABETES BUAH TIN

Diposting oleh Unknown on Selasa, 02 Juli 2013

Manfaat Buah Tin, Selain sebagai solusi diabetes


Gambar Buah Tin Segar, Image Source : Wikipedia
Kandungan Nutrisi Buah Tin / Buah Ara per 100 g :
   
NUTRIENT / NUTRISI
BUAH TIN SEGAR
BUAH TIN KERING
Proximates
Water
79,11 (g)
30 (g)
Energy
74 (kcal)
249 (kacl)
Protein
0,75 (g)
3,30 (g)
Total Lipid (fat)
0,30 g)
0,93 (g)
Carbohidrate, by difference
19,18 (g)
63,87 (g)
Fiber, total dietary
2,9 (g)
9,8 (g)
Sugar, total
16,26 (g)
47,92 (g)
Minerals
Calcium, Ca
35 (mg)
162 (mg)
Iron, Fe
0,37 (mg)
2,03 (mg)
Magnesium, Mg
17 (mg)
68 (mg)
Phosphorus, P
14 (mg)
67 (mg)
Potassium, K
232 (mg)
680 (mg)
Sodium, Na
1 (mg)
10 (mg)
Zinc, Zn
0,15 mg)
0,55 (mg)
Vitamins
Vitamin C, total  ascorbic acid
2,0 (mg)
1,2 (mg)
Thiamin
0,060 (mg)
0,085 (mg)
Riboflavin
0,050 (mg)
0,082 (mg)
Niacin
0,400 (mg)
0,619 (mg)
Vitamin B-6
0,113 (mg)
0,106 (mg)
Folate, DFE
6 (µg )
9 (µg )
Vitamin A, RAE
7 (µg )
0 (µg )
Vitamin A, IU
142 (IU)
10 (IU)
Vitamin E (alpha tocopherol)
0,11 (mg)
0,35 (mg)
Vitamin K (phylloquinone)
4,7 (µg )
15,6 (µg )
Lipids
Fatty acids, total saturated
0.060 (g)
0,144 (g)
Fatty acids, total monounsaturated
0,066 (g)
0,159 (g)
Fatty acids, total polyunsaturated
0,144 (g)
0,345 (mg)
MANFAAT BUAH :

  1. Sangat baik untuk tubuh dan sistem pencernaan , karena Buah Tin/Ara memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, juga memiliki tingkat serat yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lainnya. Penelitian selama lima belas tahun terakhir ini telah mengungkapkan bahwa serat dalam makanan nabati sangat penting untuk sistem pencernaan.
  2. Mencegah sembelit : Buah Tin/Ara  sangat baik dalam mencegah sembelit. Buah Tin/Ara dapat meningkatkan fungsi usus karena mengandung serat yang tinggi. Hal ini juga mencegah sakit perut dan gangguan pencernaan, selain itu juga dapat Menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan.
  3. Menurunkan berat badan : Serat dalam buah Tin/Ara juga membantu untuk mengurangi berat badan jika dikonsumsi secara teratur.
  4. Menambah berat badan : Buah Tin/Ara dapat menambah berat badan atau menggemukkan jika dikonsumsi dengan susu.
  5. Menurunkan Tingkat Kolesterol Tinggi : Penelitian telah menunjukkan bahwa buah Tin/Ara memiliki serat larut yang penting, yang dikenal sebagai pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Pektin pada dasarnya menyerap kolesterol, yang kemudian dieliminasi keluar dari tubuh.
  6. Mencegah kanker usus : Kehadiran serat membantu untuk membuang  keluar zat penyebab kanker.
  7. Perlindungan terhadap pasca-menopause kanker payudara : Serat dalam buah Tin/Ara memberikan perlindungan terhadap kanker payudara, selain itu juga melindungi terhadap terkait usia generasi makula yang menyebabkan hilangnya penglihatan.
  8.  Buah Tin/Ara yang manis dan lembut dapat digunakan sebagai pengganti gula, digunakan untuk membuat kue, puding, produk roti, selai, dan  jeli.
  9. Buah Tin/Ara mengandung gula yang terdiri dari 51-74% dari semua buah-buahan. Tingkat gula dalam buah ara adalah salah satu yang tertinggi. Buah ara juga dianjurkan dalam pengobatan asma, batuk dan menggigil. Meskipun kadar gula dalam buah Tin sangat tinggi tetapi aman untuk penderita diabetes.
  10. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis : Buah Tin/Ara mengandung kalsium yang tinggi ; 35 mg untuk buah segar dan 162 mg untuk buah Kering (per 100 gr). Sehingga sangat baik untuk tulang dan pertumbuhan, serta mengurangi resiko terkena osteoporosis. Bahkan kandungan kalsium dalam buah tin kering (162 mg/100 gr) lebih besar dari pada kandungan kalsium yang terdapat  pada susu bubuk (500 mg/100 gr).
  11. Mencegah dan mengobati Anemia : Buah Tin/ara mengandung zat besi, sehingga dapat memicu pembentukan hemoglobin dalam darah, zat besi merupakan mineral penting yang diperlukan untuk membantu transportasi oksigen dalam darah Anda.
  12. Pencegahan hipertensi dan Menurunkan tekanan darah: Buah Tin/Ara yang tinggi kalium, tetapi rendah sodium, membantu untuk menghindari hipertensi, Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  13. Mencegah penyakit jantung koroner : Buah Ara / Tin kering mengandung fenol, Omega-3 dan Omega-6. Asam lemak mengurangi risiko penyakit jantung koroner, juga dapat Meningkatkan Jantung Sehat : Hal ini ditemukan bahwa buah Tin/ Ara adalah sumber besar dari omega 3 dan omega 6 asam lemak esensial. Oleh karena itu memiliki porsi beberapa buah ara pasti dapat menyelamatkan jantung dari berbagai macam penyakit. Omega 3 asam lemak esensial juga dapat membantu mencegah kanker dan penyakit inflamasi lainnya.
  14. Mengatasi Kelemahan seksual: Buah Tin/Ara dapat mengurangi kelemahan seksual dengan cara merendam 2-3 buah ara dalam susu semalam dan memakannya di pagi hari untuk meningkatkan daya seksual, hal ini juga membantu dalam kenaikan berat badan,
  15. Buah Tin/Ara mengandung Vitamin B-kompleks kelompok vitamin seperti niacin, pyridoxine, folates, dan asam pantotenat. Vitamin ini berfungsi sebagai co-faktor untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.
  16. Buah Tin/Ara merupakan salah satu sumber vitamin B6, yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati, menurunkan kolesterol dan mencegah retensi air.
  17. Baik untuk Penglihatan : Untuk kesehatan mata yang optimal, makan buah ara jelas merupakan suatu pilihan yang baik. Buah Tin/Ara adalah sumber vitamin A, yang mencegah kerusakan penglihatan yang terjadi karena faktor bertambahnya usia.
  18. Sangat baik untuk merawat kulit karena mengandung Vitamin E.
  19. Kaya Antioksidan : Buah Tin/Ara kaya flavonoid dan polifenol. Ini adalah antioksidan yang mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Fenol digunakan sebagai antiseptik untuk membunuh mikro-organisme. Tingkat fenol dalam buah ara jauh lebih tinggi dibanding buah dan sayuran lain.
  20. Buah Tin / Ara juga mengandung beberapa anti-oksidan vitamin seperti vitamin A, E, dan K. Secara keseluruhan ini phyto-senyawa kimia dalam buah ara membantu mengais oksigen berbahaya berasal radikal bebas dari tubuh dan dengan demikian melindungi kita dari kanker, diabetes, penyakit degeneratif dan infeksi.
  21. Studi penelitian menunjukkan bahwa asam klorogenat dalam buah ini membantu menurunkan kadar gula darah dan darah-kontrol glukosa tingkat tipe-II diabetes mellitus.
  22. Buah Tin/Ara yang sangat berguna dalam berbagai gangguan pernapasan, termasuk batuk rejan dan asma, sangat baik untuk hati. Buah Tin/Ara adalah makanan yang mengandung alkali, sehingga membantu untuk mengatur pH tubuh.
  23. Buah Tin/Ara rebus dalam susu yang dikemas berulang kali dapat mengobati gusi bengkak.
  24. Getah dari batang atau getah dari buah muda dapat menghilangkan kutil, dengan cara dioleskan      pada bagian yang terkena kutil, daerah sekitar kutil akan menjadi meradang, yang merupakan awal dari proses mengerut dan akhirnya kutil jatuh.

Karena manfaat yang luar biasa tersebut, Lembaga Penasehat Buah Tin di California (California Fig Advisory Board) telah mengatakan Buah Tin/Ara sebagai “Nature’s Most Nearly Perfect Fruit”, yaitu Buah yang hampir mencapai tahap kesempurnaan secara keseluruhan.

 Gambar Buah Tin Kering, Image Source : Bombay Harbor
Referensi :
U.S. FDA RequirementsAssisting Companies Comply With US FDA RequirementsRegistrarCorp.com/US-FDA 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar